Fiqih (Wanita) : Masa Haid, Nifas dan Wiladah
Lanjutan Bab Thoharoh (Kitab Bersuci) : Masa Haid, nifas dan wiladahواقل الحيض يوم وليلة واكثره خمسة عشر يوما غالبه ست او سبع ؛ واقل النفس لحظة واكثره ستون يوما وغالبه اربعون يوما ؛ واقل الظهر بين الحيضتين خمسة عشر يوما ولاحد لا كثره ؛ التذهيب ؛ ٣٥~٣٦
Sedikit-sedikitnya haid adalah satu hari satu malam. Selama-lamanya lima belas hari. Dan pada umumnya enam atau tujuh hari.Sedikit-sedikitnya nifas adalah sekejap (Sagejrotan). Paling lama enam puluh hari. Dan pada umumnya empat puluh hari.Sedikit-sedikitnya masa suci antara dua haid adalah lima belas hari. Untuk lamanya tidak ada batas waktunya.واقل زمن تحيض فيه المراة تسع سنين. و اقل الحمل ستة اشهر, واكثره اربع سنين. وغالبه تسعة اشهر
Sedikitnya usia dimana wanita mengeluarkan darah haid adalah Sembilan tahun *1).Sedikitnya masa hamil adalah enam bulan. Selama-lamanya empat tahun. Dan pada umumnya Sembilan bulan *2).
Penjelasan :
1) Ketentuan-ketentuan dalam masalah
haid, nifas dan masa suci ini adalah bersumber dari hasil riset, yakni
penyelidikan terhadap kejadian-kejadian dan kenyataan. Dan kenyataan
yang ada, menguatkan pendapat tersebut.
Sedang hadits yang diriwayatkan oleh Abu
Dawud dan lain-lain dari Ummu Salamah ra, ia berkata : “Wanita-wanita
nifas pada masa Rasululloh SAW selama 40 hari, diartikan sebagai pada
umumnya“. Jadi tidak menutup kemungkinan adanya wanita yang nifasnya
lebih lama.
2) Penetapan sedikitnya masa hamil berdasar kepada firman Alloh ta’ala :
و حمله و فصاله ثلاثون شهرا ؛ الاحقاف ١٥
Artinya : “Mengandung sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan”. (Q.S : Al-Ahqaf ; 15).
Dan firman Alloh ta’ala :
و فصاله في عامين ؛ لقمان ١٤
Artinya : “Dan menyapihnya dalam dua tahun”. (Q.S : Luqman ; 14).
Apabila masa mengandung sampai pada masa
menyapih adalah 30 bulan, sedang penyapihan saja 2 tahun, maka masa
mengandungnya hanya 6 bulan.
Sedang ketentuan kegaiban usia kandungan, dan batas lamanya kandungan adalah berdasar istiqra’ (riset). Wallohu a’lam *** (Iqbal / Attadzhieb ; 35-36)