Cara Memakai Jilbab Yang Baik dan Benar Menurut Syariat Islam



Bagaimana Cara Memakai Jilbab Yang Baik dan Benar?

Sebagai seorang muslimah kita wajib memakai jilbab dalam kehidupan sehari-hari. Sosok muslimah yang baik dalam pandangan islam adalah mereka yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai dan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-harinya.
Sebagaimana tertulis dalam Al Qur’an surat An Nur ayat 26, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman : “Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)”.
   Menurut Wikipedia jilbab adalah pakaian terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Jadi jilbab disini bukan hanya sebatas kerudung yang menutupi bagian kepala dan rambut saja. Bagi seorang muslimah jilbab adalah sebuah indentitas bagi mereka. Karena dengan berjilbab dia dapat menjaga dirinya dari gangguan atau fitnah yang akan terjadi.
Cara Memakai Jilbab Yang Baik
Jilbab yang baik adalah jilbab yang sesuai dengan ajaran agama Islam, bukan sesuai dengan mode atau trend yang sedang terjadi di masyarakat. Beberapa cara memakai jilbab yang baik dan benar menurut ajaran islam adalah:
  • Menutupi aurat
  • Jilbab lebar dan menutup dada
  • Jilbab longgar tidak menampakkan lekuk bentuk tubuh
  • Tidak tembus pandang
  • Tidak memakai make up yang terlalu tebal
  Kerudung yang digunakan haruslah syar’I dan sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulnya, baik itu dala Al Qur’an ataupun hadits.
Sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam : “Bahwa anak perempuan apabila telah cukup umurnya, maka mereka tidak boleh dilihat akan dia melainkan mukanya dan kedua telapak tangannya hingga pergelangan” (H.R. Abu Daud)”.



Berikut cara berkerudung dan berbusana muslimah yang salah
Kerudung tidak menutupi dada
Seobagai seorang muslimah yang baik dan paham akan ajaran agama islam, kita wajib berbusana atau berpakai menurut syriat islam.Salah satunya adalah memakai jilba yang menutupi dada, karena dengan begitu kita dapat terhindar dari godaan-godaan yang ada diluar rumah.
Ini bertentangan dengan firman Allah SWT dalam Al-qur’an “.. dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya ” (QS. An Nur : 31)
Rok kurang panjang (agak ngatung)
Sebagai seorang muslimah kita wajib memakai pakaian yang menutup aurat, cara berpakai yang baik adalah dengan tidak memperlihatkan anggota tubuh, karena itu adalah identitas seorang muslimah.
Hal ini tidak sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tarmizi dan Nasa’i, dari Ummu Salamah r.a. “”Ya Rasulullah, bagaimana dengan perempuan dan kain-kain mereka yang sebelah bawah?” Sabda Rasulullah S.A.W : “Hendaklah mereka memanjangkan barang sejengkal dan janganlah menambahkan lagi keatasnya
Pakaian ketat dan menampakkan bentuk tubuh
Islam telah mengatur semuanya, termasuk cara berpakai seorang wanita. Karena sesuatu yang dilarang oleh Allah swt. pasti ada mudharatnya. Seperti cara berpakaian yang ketat dan menampakkan bentuk tubuh,itu sangat dilarang oleh islam. Selain terlihat dan terasa sesak, ternyata pakaian yang ketat juga tidak baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pakaian yang ketat menyebabkan kulit kekurangan ruang untuk bernafas. Akibat yang ditimbulkan dari mengenakan pakaian ketat  mulai dari adanya bercak ringan di bagian tubuh tertentu sampai dengan penyakit yang cukup berbahaya, seperti kemandulan dan kanker.
Menggunakan make up yang tebal.
Menggunakan make up bagi seorang perempuan tidaklah dilarang, tapi anjurannya adalah ‘jangan berlebihan’ karena segala sesuatu ynag berlebihan itu tidak baik dan Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. Selain itu, jika make up anda terlalu tebal, maka kurang sehat untuk wajah anda karena kulit wajah tidak dapat bernafas dengan baik dan dapat menyebabkan jerawat di wajah. Apalagi ada beberapa muslimah yang mungkin malas berwudhu atau hanya berwudhu sekedarnya saja dengan alasan menjaga riasan wajah agar tetap awet. Itu adalah hal yang salah bagi seorang muslimah.
Kesalahan lainnya dalam berkerudung,
 Diantaranya adalah tidak memakai kaos kaki, mengenakan blus yang pendek, memakai rok dengan belahan tinggi serta mengenakan kerudung yang terbuat dari bahan yang tipis/jarang.
   Demikian lah  penjelasan secara singkat tentang cara-cara memakai jilbab yang baik dan benar dan penjelasan singkat cara berbusana yang salah. Sebagai muslimah sejati kita wajib berbusana atau berpakai menurut syariat islam. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
Anonim
4 Juli 2016 pukul 03.48 delete

Jual gamis syar'i murah dari bahan berkwalitas.
http://www.busanagamismuslim.com/gamis-syari-alina/

Reply
avatar